PENYAKIT PADA AYAM BROILER

TERNAK AYAM POTONG JEMBER – Dalam ternak ayam baik secara komersial atau di halaman belakang Anda memiliki manfaat luar biasa.

Namun, penyakit ayam merupakan ancaman besar dan resiko bagi berlangsungnya usaha ternak ayam broiler. Banyak yang menyerah pada produksi ayam karena tantangan penyakit. Oleh karena itu peternak bisa mengalami gagal panen pula.

Mengetahui tentang penyakit ayam broiler ini, kami menghadirkan beberapa ide untuk mencegah dan mengelola ayam Anda dengan lebih baik.

Jadi kami akan memberikan info kepada Anda tentang penyakit ayam broiler, yang mencakup gejala dan cara mencegah dan atau mengobatinya.

Di Jember Penyakit pada ayam broiler bisa di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain : Kekurangan salah satu zat makanan, parasit protozoa, jamur, bakteri dan virus.

1.Newcastle Disease
Newcastle Disease saat ini adalah penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Sampai saat ini tidak ada satu daerahpun di Indonesia yang bebas dari serangan penyakit ini. Bahkan hampir setiap tahun terjadi wabah penyakit ini tanpa mengenal musim.

Gejala : ayam akan menunjukkan gejala adanya gangguan pernafasan(ngorok), diare, feses berwujud cair berwarna hijau kekuning kuningan atau keputih putihan.

Nafsu makan hilang, tembolok berisi gas atau cairan. Lalu leher berputar dan kelumpuhan yang diikuti dengan kematian. Penyakit ini menyebar secara cepat melalui udara, pakaian, peralatan pakan.

Pecegahan & Pengobatan : masih belum di temukan obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini.

2. Avian Influenza (Flu Burung)
Merupakan penyakit viral akut pada unggas yang di sebabkan oleh virus Orthomyxo.

Semua unggas dapat terserang virus influenza tetapi wabah Avian Infulenza sering menyerang ayam dan kalkun. Penyakit ini bersifat zulosis dan angka kematian sangat tinggi karena dapat mencapai 100% kematian.

Gejala : ayam yang terserang penyakit ini menunjukkan gejala penyakit pernafasan seperti batuk, bersin, mata berair dan sinusitis.

Terjadi pembengkakan yang terjadi di kepala dan muka, jengger layu serta di bagian kaki. Penyebaran dari virus ini melalui kontak langsung, udara, air minum, pakan, peralatan, manusia, dan burung liar yang sudah terinfeksi penyakit tersebut.

Pecegahan & Pengobatan : belum ada yang efektif untuk menyembuhkan penyakit ini. Perlu di waspadai, virus H5N1 juga berbahaya bagi manusia.

3. Infectious Bronchitis
Penyakit Infeksius ini sangat menular yang di sebabkan oleh virus korona. Penyakit ini menggangu pada saluran pernafasan pada ayam. Meskipun Ayam boiler yang bisa sembuh dari penyakit ini, pertumbuhannya akan terhambat.

Gejala : pada ayam broiler akan mengalami gangguan pernafasan seperti batuk, ngorok, nafas sesak, keluar lender dari hidung, mata ber air dan ayam broiler akan bergerombol di dekat pemanas.

Penyebarannya melalui kontak langsung antara ayam sehat dengan ayam yang terkena penyakit, udara, manusia, pakan, dan peralatan kandang. Penyebarannya sangat cepat dengan tingkat kematian yang tinggi.

Pecegahan & Pengobatan : Anda bisa mendapatkan vaksin untuk menghentikan penyakit ini agar tidak berdampak pada ayam Anda.

Namun, jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan vaksin, karantina segera Ayam yang terserang. Untuk mengobati Infectious Bronchitis, berikan ayam tempat yang hangat dan kering untuk memulihkan.

4. Coryza/Snot (Pilek)
Penyakit ini biasanya timbul pada saat musim penghujan atau tergantung dari suhu lingkungan kandang yang dingin dan lembab. Selain itu, penyakit ini muncul setiap pergantian musim. Penyebaran penyakit ini secara cepat melalui, makanan, minuman, udara.

Gejala : hidung ayam akan mengeluarkan lendir yang berbau khas, Terjadi penyumbatan pada lubang hidung oleh lendir, daerah sekitar mata membengkak, nafas ayam ngorok.

Pecegahan & Pengobatan : bisa memberikan antibiotic seperti amoxitin atau Tetra-Chlor.

5. Kolera (Penyakit Berak Hijau)
Penyakit ini menyerang ayam secara cepat dan mematikan.

Gejala : nafsu makan berkurang, stress, diare yang berwarna kuning kehijauan dan berlendir. Sering terjadi pembengkakan di daerah persendian, daerah telinga dan telapak kaki, kadang kepalanya berputar – putar.

Pecegahan & Pengobatan : bisa di beri dengan Koleridin atau Neomeditril.

6. Chronic Respiratory Disease
Adalah penyakit menular menahun pada ayam yang disebabkan oleh mycoplasma.

Gejala : Di tandai dengan batuk dan terdengarnya suara sewaktu bernafas. Semua ayam berumur berapapun pasti bisa terserang penyakit ini. Keluar cairan dari lubang hidung, nafsu makan menurun.

Pecegahan & Pengobatan : memberikan antibiotic seperti Amoxitin atau Neomeditril.

Ternak ayam broiler, Itulah penyakit yang sering menyerang ayam broiler beserta gejala, dan pengobatannya. Untuk mencegah dari semua penyakit, sebaiknya jaga kondisi kebersihan kandang dan jangan sampai lupa untuk memberi vaksin dan vitamin pada ayam Anda.

Baca juga : Cara Membersihkan Kandang Ayam Broiler

Demikian artikel tentang Penyakit Pada Ayam Broiler. Semoga bermanfaat bagi semua pengusaha ternak ayam broiler di jember maupun di kota kota lainnya. Terimakasih…

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan ? Bicarakan dengan kami